CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Perumusan CPL Prodi Tekkim UNEJ sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, yaitu:
- Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Bertanggung-jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
CPL juga merujuk pada kriteria yang telah dirumuskan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (APTEKIM). Selain itu, CPL juga disusun mengacu pada Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). CPL yang disusun meliputi unsur sikap, penguasaan pengetahuan, sikap, keterampilan umum, dan keterampilan khusus seperti pada tabel berikut ini:
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi sesuai SN Dikti
Pembelajaran Lulusan (CPL) | Indikator | ||
ASPEK SIKAP | |||
1 | Menunjukkan sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta tanah air | 1a | Menunjukkan sikap tanggung jawab, jujur, dan disiplin |
ASPEK KETERAMPILAN UMUM | |||
2 | Mampu mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang yang sesuai dengan bidang keahliannya | 2a | Mampu mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang yang sesuai dengan bidang keahliannya |
2b | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, terukur dan bertanggung jawab. | ||
2c | Mampu menghasilkan solusi, gagasan dan desain yang memperhatikan nilai sains, rekayasa, dan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | ||
2d | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian yang bebas plagiasi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | ||
3 | Mendemontrasikan praktek kewirausaahan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial. | 3a | Mengimplementasikan praktek kewirausaahan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial. |
ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS | |||
4 | Mampu menggunakan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk konversi bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah (melalui proses fisika, kimia dan/atau biologi). | 4a | Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, analisis masalah, interpretasi data rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan. |
4b | Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan. | ||
5 | Mampu mengimplementasikan keilmuan dan teknologi di bidang konversi biomassa ke bio-based chemical products. | 5a | Mampu mengimplementasikan keilmuan dan teknologi di bidang konversi biomassa ke bio-based chemical products. |
ASPEK PENGETAHUAN | |||
6 | Mengimplementasikan konsep teoretis sains- rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa sesuai dengan bidang keahliannya | 6a | Mengimplementasikan konsep dan prinsip sains alam dalam mengaplikasikan matematika rekayasa |
6b | Mengimplementasikan prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum. | ||
7 | Mengimplementasikan pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru. | 7 | Mengimplementasikan pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru. |
Selanjutnya, CPL Prodi Tekkim direformulasi seperti dalam tabel di bawah ini untuk memudahkan tercapainya tujuan pendidikan di program studi.
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (sebagai hasil reformulasi CPL)
Pembelajaran Lulusan (CPL) | Indikator | ||
ASPEK SIKAP | |||
1A/CPL 1 | Pembelajaran Lulusan (CPL) | 1a | Pembelajaran Lulusan (CPL) |
ASPEK KETERAMPILAN UMUM | |||
B1/CPL 2 | Mampu mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang yang sesuai dengan bidang keahliannya. | 2a | Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan nilai sains, rekayasa, dan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
2b | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, terukur dan bertanggung jawab. | ||
2c | Mampu menghasilkan solusi, gagasan dan desain yang memperhatikan nilai sains, rekayasa, dan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | ||
2d | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian yang bebas plagiasi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | ||
B2/CPL3 | Mendemontrasikan praktek kewirausaahan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial | 3a | Mendemontrasikan praktek kewirausaahan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial |
ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS | |||
C/CPL 4 | Mengimplementasikan keilmuan dan teknologi di bidang konversi biomassa ke bio-based chemical products dengan menggunakan ilmu sains, rekayasa, dan humaniora | 4a | Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, analisis masalah, interpretasi data rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan. |
4b | Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan | ||
4c | Mampu mengimplementasikan keilmuan dan teknologi di bidang konversi biomassa ke bio-based chemical products. | ||
ASPEK PENGETAHUAN | |||
D2/CPL 5 | Mengimplementasikan pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru. | 5a | Mengimplementasikan pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru. |
Sementara itu, kesesuaian CPL hasil reformulasi dengan SN-DIKTI dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel Matriks kesesuaian CPL (sesuai dengan SN Dikti) dengan CPL (hasil reformulasi)
CPL | A | B | C | D |
CPL (SN DIKTI) | ||||
1 | V | |||
2 | V | V | V | |
3 | V | V | V | |
4 | V | V | ||
5 | V | V | V | |
6 | V | V | V | |
7 | V |