Deskripsi Singkat

Program Studi SI Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember saat ini menyelenggarakan pendidikan program strata 1 (S1). Kurikulum program S1 Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember setara dengan 146 SKS (satuan kredit semester) yang diprogramkan dalam 8 semester (4 tahun). Kurikulum Prodi Tekkim disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 yang berbasis pada capaian pembelajaran (learning outcomes) sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012 dan Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014. Lulusan Prodi Tekkim diharapkan memiliki kemampuan yang setara dengan capaian pembelajaran yang dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI. Kurikulum Prodi Tekkim terdiri dari mata kuliah institusional universitas sebanyak 8 sks, institusional fakultas sebanyak 4 sks, mata kuliah program studi sebanyak 119 sks, dan mata kuliah pilihan sebanyak 54 sks.

Kurikulum Prodi Tekkim direncanakan, disusun, dilaksanakan, dan dievaluasi, serta dikembangkan oleh program studi dengan melibatkan pihak internal dan eksternal. Pihak internal meliputi pimpinan fakultas teknik, dosen prodi teknik kimia dan beberapa dosen jurusan teknik mesin. Keterlibatan pihak eksternal diakomodasi dengan penyelenggaraan workshop kurikulum pada hari Selasa tanggal 5 September 2017. Pihak eksternal yang dilibatkan yaitu APTEKIM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia), PT. Petro Jordan Abadi, dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Kurikulum Prodi Tekkim ditetapkan melalui SK Dekan Fakultas Teknik No. 5129/UN25.11/EP/2017.

Program Studi Teknik Kimia memiliki dosen tetap lulusan berbagai universitas ternama di Belanda, Taiwan, Jepang, dan Indonesia. Program Studi Teknik Kimia telah memiliki beberapa jaringan dengan perusahaan/institusi baik skala nasional maupun skala internasional. Jaringan dengan  perusahaan/institusi tersebut menjadi aset yang sangat berharga bagi Program Studi Teknik Kimia karena dengan dukungan mereka Program Studi Teknik Kimia menjadi semakin kuat dan selalu dapat mengantisipasi perubahan-perubahan trend dalam industri kimia yang sangat dinamis.

Select Language