Workshop Public Speaking dan Etika Bisnis

       Program Studi S1 Rekayasa/Teknik Kimia mengadakan workshop tentang Public Speaking dan Etika Bisnis pada hari Minggu, 4 November 2018. Acara ini diadakan di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Kegiatan ini berlangsung tepat pada pukul 08.30 WIB. Workshop ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Teknik Kimia. Rangkaian acara yang dilakukan pada workshop ini adalah pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Teknik Dr. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. lalu dilanjutkan dengan acara utama yaitu penyampaian materi tentang Public Speaking dan Etika Bisnis.

Penyampaian materi Public Speaking oleh Dyah Wahyu Utami, S.Hum., M.M.

       Acara ini dipandu oleh Iftidha’ul Eka Agustina dan Alfin Daniel Sona Kusuma serta dimoderatori oleh Ari Susanti, S.T., M.T. selaku dosen Teknik Kimia. Pemateri acara workshop ini adalah Dyah Wahyu Utami, S.Hum., M.M. dan Widyoseno Estitoyo, B.B.A. Dyah Wahyu Utami, S.Hum., M.M, akrab disapa Bu Ami, mendapatkan gelar Sarjana Humaniora pada tahun 2010 dan gelar Magister Management pada tahun 2015 dari Univeristas Airlangga Surabaya. Saat ini, beliau bekerja sebagai Regional Consumer Officer EASTJAVA BALI NUSRA di British American Tobacco. Pada acara ini, Bu Ami menyampaikan materi tentang Public Speaking. Beliau menyampaikan bahwa zaman sekarang tidak hanya mahasiswa jurusan soshum saja yang perlu memiliki skill public speaking yang baik, tetapi mahasiswa eksakta pun juga perlu memiliki skill tersebut. Bu Ami juga menyampaikan bahwa skill tersebut didapat dengan cara mencoba karena di dunia ini tidak ada yang instan.

Penyampaian materi Etika Bisnis oleh Widyoseno Estitoyo, B.B.A.

       Materi kedua tentang Etika Bisnis disampaikan oleh Widyoseno Estitoyo, B.B.A. yang akran disapa Pak Seno. Beliau merupakan owner dari Oost Koffie & Thee di Surabaya. Pak Seno mendapat gelar Diploma dalam Application Development pada tahun 2006 dari Universitas Airlangga Surabaya. Beliau juga pernah menjadi delegasi pertukaran pelajar dari Hanzehogeschool Groningen di Mälardalen University dalam bidang Marketing, Linguistic, dan Innovation Management pada tahun 2008 – 2009. Pak Seno mendapatkan gelar B.B.A. dalam bidang Marketing pada tahun 2011 dari Hanzehogeschool Groningen. Pada acara ini, beliau menjelaskan tentang pentingnya memiliki etika dalam berbisnis. Pak Seno juga menyampaikan bahwa etika dalam berbisnis tidak cukup hanya sopan santun terhadap sesama rekan bisnis tetapi juga etika dalam bisnis yang akan dilakukan itu sendiri.

Para mahasiswa terlibat aktif dalam sesi tanya jawab

       Acara ini diakhiri tepat pukul 12.00 dan dilanjutkan dengan penyerahan vandel oleh Kaprodi Teknik Kimia Boy Arief Fachri, S.T., M.T., Ph.D. kepada para pemateri, lalu dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Penyerahan Vandel oleh Boy Arief Fachri, S.T., M.T., Ph.D. kepada para pemateri
Foto bersama setelah workshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select Language