Workshop SOP dan Modul Laboratorium

Oleh: Siti Aisyah

Sebagai institusi yang kompleks, perguruan tinggi mengharuskan adanya pengelolaan yang komprehensif dan strategis dalam menjalankan dan menata pamong praja, sarana, prasarana, dan kepemimpinannya guna mendukung optimalisasi peran, fungsi, dan tugas tridharma perguruan tinggi. Salah satu sarana yang penting dan memadai dalam pengelolaan perguruan tinggi serta mendukung tercapainya misi dan tujuan perguruan tinggi dalam menjalankan tridharma adalah laboratorium perguruan tinggi. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, laboratorium berfungsi untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman spesifik yang erat hubungannya dengan tujuan kurikulum dan performa akademik yang dikehendaki. Begitu pula bidang penelitian, laboratorium bisa memberikan sumbangsih dalam penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, maupun penelitian survei, sedangkan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, laboratorium dapat berperan sebagai wahana pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dimana masyarakat memanfaatkan produk-produk laboratorium.

Sekarang ini, sering dijumpai kesalahan-kesalahan baik dalam penggunaan laboratorium maupun pengelolaannya. Misalnya, saat melakukan praktikum ada bermacam-macam alat yang berbasis listrik, mekanik, optik dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut sering digunakan oleh praktikan tanpa mengetahui peraturan penggunaannya dengan baik sehingga menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kerusakan alat atau terjadinya kecelakaan dalam melakukan percobaan yang sering disebut dengan kecelakaan kerja. Kejadian diatas dapat diminimalisir apabila para pengguna laboratorium memahami sekaligus menerapkan peraturan penggunaan dan pengelolaan laboratorium. Peraturan penggunaan dan pengelolaan laboratorium tercantum dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) dan modul laboratorium.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka dilakukan kegiatan penyusunan dan review Standar Operasional Prosedur (SOP) dan modul laboratorium dalam bentuk kegiatan berupa workshop agar dapat menjadi acuan, pedoman dan aturan yang tepat, dalam setiap kegiatan yang berlangsung di laboratorium yang nantinya memberikan manfaat yang sangat besar bagi dosen dan mahasiswa program studi S1 Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember.

Kegiatan Workshop SOP dan Modul Laboratorium dilaksanakan pada tanggal 11 September 2019 di Fakultas Teknik Universitas Jember. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Dr. Yeni Rahmawati, S.T., M.T. merupakan Kepala Laboratorium Kimia Organik dan Kimia Analitik ITS, Bapak Firman Kurniawansyah, S.T., M.Eng, Sc. merupakan Kepala Laboratorium Operasi Teknik Kimia ITS, dan Ibu Ir. Nuniek Handrianie, M.T. merupakan Kepala Laboratorium Mikrobiologi ITS. Kegiatan ini diikuti oleh para Kalab dan Dosen Teknik Kimia Universitas Jember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select Language