Kegiatan Staff Mobility dari APTEKIM

Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember memiliki visi untuk menjadikan lembaga ini unggul dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu dan teknologi berwawasan lingkungan di bidang proses industri kimia yang mengacu pada potensi wilayah sehingga berkemampuan menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi umat terutama pertanian industri. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia memiliki misi antara lain menyelenggarakan pembelajaran berkualitas, produktif, demokratis dan berwawasan lingkungan; mengembangkan kerjasama kemitraan dengan institusi dalam negeri dan luar negeri; dan mengembangkan sistem pengelolaan lembaga yang akuntabel dan bertaraf international.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember yang merupakan program studi baru yang disetujui oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada bulan Februari 2017, dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mana merupakan salah satu unsur penting dalam membangun paradigma baru untuk pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia. Paradigma tersebut mengandung atribut pokok yaitu relevan dengan kebutuhan masyarakat pengguna lulusan, suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif dalam penyelenggaraan program studi, adanya komitmen kelembagaan (institusional komitmen) dari para pimpinan dan staff terhadap pengelolaan organisasi yang efektif dan produktif, keberlanjutan (sustainability) program studi, serta efisiensi program secara selektif berdasarkan kelayakan dan kecukupan. Dimensi-dimensi tersebut mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat strategis untuk merancang dan mengembangkan usaha penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi kualitas pada masa yang akan datang.

Salah satu usaha peningkatan kualitas pendidikan yakni dengan bergabung dalam keanggotaan Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (APTEKIM) pada Agustus 2017. Yang mana dalam hal ini melalui salah satu program APTEKIM berupa Staff Mobility/Student Mobility. Program tersebut dibuat sesuai dengan kesepakatan dalam Musyawarah Kerja Anggota Majelis Perwakilan APTEKIM pada tanggal  9 Mei 2017 dengan surat edaran Nomor: 01/SE-APTEKIM/VIII/2017. Program Staff Mobility mendorong tenaga pengajar dari Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember untuk melakukan studi banding ke Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia dari Universitas lain yang memiliki Akreditasi A. Kegiatan ini dapat memberikan gambaran terhadap tenaga pengajar dari Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember untuk mengetahui bagaimana sistem yang dibentuk oleh suatu lembaga dengan Akreditasi A. Peningkatan segala aspek dalam kriteria Akreditasi sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat mengajukan proses Akreditasi. Suatu role model sangat dibutuhkan untuk melakukan perbandingan terhadap kondisi terkini dari Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember. Pemanfaatan program Staff Mobility / Student Mobility yang diselenggarakan oleh APTEKIM ini sangat penting untuk dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember.

Dalam kesempatan ini, Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember akan mengirimkan seorang dosen muda untuk melakukan Staff Mobility di Jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2017 – 3 November 2017. Kegiatan Staff Mobility ini baru saja dirumuskan oleh APTEKIM dan kemungkinan Universitas Jember menjadi pioneer dalam melakukan kegiatan ini. Besar harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember secara khusus dan Universitas Jember secara umum. Kegiatan yang diusulkan tersebut di atas sejalan dengan RENSTRA Universitas dan RENSTRA Fakultas dalam mewujudkan kualitas program studi. Semua kegiatan tersebut diharapkan Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia sebagai program studi baru dalam 2 (dua) tahun mendatang dapat meraih nilai Akreditasi A.

Dosen yang mengikuti kegiatan staff mobility sebagai berikut:

  1. Felix Arie Setiawan, S.T., M.Eng. (Laboratorium Teknik Reaksi Kimia) akan melakukan kegiatan staff mobility di Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
  2. Ari Susanti, S.T., M.T. (Laboratorium Operasi Teknik Kimia) akan melakukan kegiatan staff mobility di Jurusan Teknik Kimia Unsyiah, Aceh.

Narasumber kegiatan staff mobility adalah dosen muda Program Studi Rekaya/Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Jember. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2017 – 3 November 2017 di Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan Jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala, Aceh dengan diikuti oleh dua dosen muda dari Program Studi Rekaya/Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Foto bersama Kepala Departemen Juwari, S.T., M. Eng., Ph.D. dan Kepala Laboratorium Prof. Dr. Ir. Achmad Roesyadi, M.Sc

Kegiatan perkuliahan TRK I oleh Prof. Dr. Ir. Achmad Roesyadi, M.Sc

Kegiatan perkuliahan OTK II oleh Fadlilatul Taufany, ST, Ph.D

Kegiatan perkuliahan TRK II oleh Prof. Dr. Ir Mahfud, DEA

Fasilitas Laboratorium Teknologi Reaksi Kimia Departemen Teknik Kimia ITS

Peralatan Laboratorium Teknologi Reaksi Kimia Departemen Teknik Kimia ITS

Foto bersama Ketua Jurusan Teknik Kimia Unsyiah, Bapak Dr.Ir. Darmadi, M.T

Foto bersama Sekretaris Jurusan, Ibu Dr. Sri Mulyati, S.T.,M.T.

Foto bersama Ibu Dr.Ir. Sri Aprilia, M.T.

Foto bersama Ibu Prof. Dr.Ir. Husni Husin,M.T.

Foto bersama tim adm dan laboran JTK Unsyiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select Language