Kompetensi utama sarjana Teknik Kimia adalah mampu merancang dan mengoperasikan secara optimal dan aman suatu pabrik atau industri untuk merubah bahan baku menjadi produk bernilai ekonomis, sosial dan berwawasan lingkungan melalui transformasi secara fisis, kimia atau biologis. Salah satu mata kuliah inti Program Studi S1 Teknik Kimia Universitas Jember untuk menunjang tercapainya kompetensi utama sarjana Teknik Kimia adalah Operasi Teknik Kimia. Operasi Teknik Kimia mengkaji proses perpindahan bahan serta pengoperasian peralatan untuk pengolahan bahan dan produk.

Untuk mencapai pemahaman dalam penerapan prinsip-prinsip Operasi Teknik Kimia pada dunia industri, penyelenggaraan kuliah tamu oleh pihak industri perlu untuk direalisasikan. Dengan diselenggarakannya kuliah tamu ini diharapkan dapat menambah keterampilan mahasiswa di bidang keteknikkimiaan yang kemudian dapat digunakan secara tepat dan efektif pada dunia industri. Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan lulusan Teknik Kimia Universitas Jember agar menjadi individu yang lebih kompetitif untuk bersaing menempati posisi-posisi penting dalam dunia industri.

Kuliah Tamu Pengenalan Alat Operasi Teknik Kimia diselenggarakan dengan pemateri berasal dari PT. Ecolab International Indonesia, yakni Bapak Agung Widyanjaya, S.T. yang juga merupakan lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Beliau ini sudah berpengalaman dalam bidang water treatment selama kurang lebih 15 tahun. PT. Ecolab International Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi bahan-bahan kimia khusus yang digunakan untuk pengolahan air, pembangkit tenaga, sistem pendingin, industri kayu dan kertas, serta industri pengolahan dan kilang minyak. PT. Ecolab International Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Ecolab Inc., di Minnesota, Amerika Serikat, sangat tepat untuk dijadikan sebagai mitra dalam berbagi informasi terkait dengan penerapan Operasi Teknik Kimia pada sebuah pabrik kimia.

Kegiatan kuliah tamu ini diselenggarakan pada tanggal 19 September 2020 dengan moderator Ari Susanti, S.T., M.T. (Dosen Teknik Kimia Universitas Jember). Peserta kuliah tamu ini adalah mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember dan beberapa peserta dari luar Universitas Jember. Pada acara ini dijelaskan mengapa pengolahan air itu memiliki peran yang sangat penting. Instalasi pengolahan air (water treatment plant) terdiri dari beberapa bagian meliputi raw water treatment, membrane treatment, fuel treatment, well treatment, wastewater treatment, cooling water treatment, boier water treatment, dan flue gas treatment. Narasumber juga menyampaikan tentang beberapa pengotor dalam air seperti suspended solid, dissolved solid, dan dissolve gases. Beberapa metode untuk menanggulangi suspended solid adalah koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi. Hal ini menunjukkan bahwa air memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehingga pengetahuan tentang water treatment sangat dibutuhkan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan webinar ini yang tercermin dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke panitia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *