Sebagai institusi yang kompleks, perguruan tinggi, mengharuskan adanya pengelolaan yang komprehensif dan strategis dalam menjalankan dan menata pamong praja, sarana, prasarana, dan kepemimpinannya guna mendukung optimalisasi peran, fungsi, dan tugas tridarma perguruan tinggi. Salah satu sarana yang penting dan memadai dalam pengelolaan perguruan tinggi serta mendukung tercapainya misi dan tujuan perguruan tinggi dalam menjalankan tridarma adalah laboratorium perguruan tinggi. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, laboratorium berfungsi untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman spesifik yang erat hubungannya dengan tujuan kurikulum dan performa akademik yang dikehendaki. Begitu pula bidang penelitian, laboratorium bisa memberikan sumbangsih dalam penelitian eksperimental, penelitian tindakan kelas, maupun penelitian survei. Sedangkan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, laboratorium dapat berperan sebagai wahana pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dimana masyarakat memanfaatkan produk-produk laboratorium.

Laboratorium Operasi Teknik Kimia adalah laboratorium utama di Prodi S1 Teknik Kimia Universitas Jember karena merupakan laboratorium pengajaran dan penelitian yang memfasilitasi praktikum-praktikum berkaitan dengan mata kuliah Operasi Teknik Kimia dan penelitian tugas akhir. Untuk menjadi laboratorium yang baik, harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan pengguna laboratorium dalam melakukan aktivitasnya. Fasilitas tersebut ada yang berupa fasilitas umum (utilities) dan fasilitas khusus. Salah satu hal yang penting dalam fasilitas khusus dalam pengelolaan laboratorium yakni tentang kelengkapan alat dan bahan. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, di dalam laboratorium diperlukan berbagai peralatan yang memadai untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan praktikum. Dalam hal ini, alat praktikum mempunyai peranan yang sangat penting bahkan dapat menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan bidang pendidikan dan pengajaran. Selain itu juga, kelengkapan alat praktikum menjadi poin penting dalam penilaian akreditasi program studi yang mana dibutuhkan dalam peningkatan kompetensi mahasiswa sesuai keilmuan bidang teknik kimia.

Terpenuhinya alat-alat praktikum di Laboratorium Operasi Teknik Kimia perlu dibarengi dengan kemampuan dalam mengoperasikan alat-alat tersebut agar praktikum dapat berjalan dengan lancar. Adanya kegiatan pelatihan dan pengunaan alat laboratorium Operasi Teknik Kimia dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi dosen dan mahasiswa Program Studi S1 Teknik Kimia Universitas Jember. Pelatihan dalam pengunaan alat laboratorium Operasi Teknik Kimia (OTK) ini sangat layak, penting, dan mampu dilakukan karena untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan praktikum. Kecakapan dalam mengoperasikan alat-alat praktikum mempunyai peranan yang sangat penting bahkan dapat menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan bidang pendidikan dan pengajaran. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 April 2021 dengan alat yang dioperasikan meliputi alat tray dryer, pompa dan kavitasi, solid gas fluidisasi, dan liquid-liquid mixing. Pemateri kegiatan ini adalah Pak Hari Pitrawan, S.T. dan Aji Setiawan, S.T. dari PT ITS Tekno Sains.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *