Tim Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKK) Universitas Jember yang terdiri dari 15 mahasiswa yaitu Diana Fitriati (angkatan 2018), Mohammad Nazarudin Ali (angkatan 2018), I Made Arimbawa (angkatan 2018), Filial Ahliana Rahmaniyah (angkatan 2018), Nurtsulutsiyah (angkatan 2018), Hidayatullah (angkatan 2018), Adelia Rosalina (angkatan 2018), Mohammad Abdul Aziz Fajar (angkatan 2018), Tri Dwinanda Nursoliha (angkatan 2018), Zakia Ainun Salsabila (angkatan 2018), Susilowati (angkatan 2019), Achri Isnan Khamil (angkatan 2019), Rekha Aliyya Isma (angkatan 2019), Hesti Lipuring Tyas (angkatan 2019), Mohammad Nashir Idham Kholid (angkatan 2019) yang mengangkat judul “Pengembangan dan Pemberdayaan Desa Sadar Energi berbasis Pengolahan Kotoran Sapi Menjadi Biogas di Desa Kemuning Lor, Jember” dinyatakan Lolos Pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang merupakan Lomba bergengsi Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Pengajuan Proposal PHP2D dimulai pada awal Maret hingga 1 April 2021, program PHP2D tersebut disambut antusias oleh mahasiswa diseluruh Indonesia dibutikan dengan jumlah pendaftar mencapai kurang lebih 1800 peserta.

Universitas Jember mengajukan proposal dari berbagai UKM/Ormawa sebanyak 36 proposal. Kemudian dilanjutkan dengan 3 tahap penyeleksian yaitu seleksi administrasi, seleksi konten dan seleksi akhir. Pada tahap seleksi konten jumlah Tim yang lolos dari Universitas Jember sebanyak 10 Tim. Seleksi di tahap selanjutnya yaitu peserta Tim PHP2D diharuskan mempresentasikan proposal yang telah diajukan kepada tim reviewers. Tim HIMATEKK telah melakukan tahap presentasi di bulan Juni tepatnya tanggal 19 Juni 2021. Dengan dukungan dan bimbingan dari Rizki Fitria Darmayanti S.T, M.Sc, Ph.D dan Dr. M. Maktum Muharja Al Fajri, S.T., tim HIMATEKK Universitas Jember dinyatakan lolos pendanaan pada tanggal 5 Juli 2021. Terdapat 8 tim UKM/Ormawa lainnya di Universitas Jember yang Lolos pendanaan.

Tim HIMATEKK yang telah lolos pendanaan diharapkan dapat mengemban amanah yang telah diberikan untuk membina dan memberdayakan masyarakat desa khususnya Desa Kemuning Lor Jember. Tentunya butuh usaha dan dukungan lebih dari berbagai pihak, salah satunya dari pihak warga desa sendiri agar program pembinaan ini berjalan dengan sukses sehingga dapat mewujudkan tujuan dari Tim HIMATEKK yaitu menjadikan warga Desa Kemuning Lor sebagai desa sadar energi dengan memanfaatkan limbah kotoran sapi yang masih belum diolah secara maksimal. Tim HIMATEKK Unej akan mengadakan 5 kali kegiatan program pembinaan yang akan dilakukan selama 6 bulan, dimulai pada Bulan Juli 2021 yaitu kegiatan sosialisasi dilanjutkan kegiatan perancangan alat biogas dan pengolahan limbah kotoran sapi pada Bulan September – Oktober 2021, kegiatan monitoring dan evaluasi pada Bulan November 2021, dilanjutkan penyusunan laporan pada Bulan Desember dan pemutakhiran data pada Bulan Januari 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *