Dosen Teknik Kimia Universitas Jember Sebagai Peneliti Tamu di University of Groningen, Belanda

Oleh: Siti Aisyah

Non Degree Training oleh IDB (Islamic Development Bank) merupakan salah satu program dalam Proyek Pengembangan Universitas Jember yang terbuka untuk dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Jember. Program Non Degree Training sangat menunjang dalam pengembangan dosen terutama untuk meningkatkan produktivitas dosen dalam melaksanakan penelitian dan menambah publikasi ilmiah.

Visi Universitas Jember untuk menjadi Center of Excellence for Biotechnology of Agriculture and Health sejalan dengan visi misi prodi Teknik Kimia Universitas Jember yaitu menjadi program studi yang unggul di bidang biobased chemical product. Dosen Program Studi Teknik Kimia Helda Wika Amini, S.Si., M.Si., M.Sc diberikan kepercayaan untuk melakukan penelitian dengan topik Hydrogenation of lignin model components using metal based mesoporous catalysts di bawah bimbingan Prof. dr. Ir. H.J. Heeres (H-index 61), Green Chemical Reaction Engineering Group, Chemical Engineering Department, University of Groningen, Belanda yang pakar dibidang biobased chemical products. Penelitian ini juga bekerja sama dengan Huaizhou Yang sebagai daily supervisor, mahasiswa program doctoral University of Groningen. Rangkaian kegiatan ini saat tiba di University of Groningen adalah pemaparan penelitian yang akan dilakukan, ujian safety rule sebagai syarat sebelum masuk laboratorium, lab tour, training penggunaan GC-FID dan Gas Chromatography, pembuatan berbagai macam katalis, melakukan optimasi reaksi hidrogenasi senyawa model guiacolĀ  dalam batch reactor, analis produk yang dihasilkan, dan presentasi hasil yang didapatkan.

University of Groningen adalah universitas terkemuka ke 79 di dunia menurut Times Higher Education Rangking (Top 100). University of Groningen memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap yang sangat mendukung dalam pengerjaan penelitian. Penelitian yang dilaksanakan dari mulai tanggal 8 September 2019-8 November 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *