Pada tanggal 24 Agustus 2018, Program Studi S1 Rekayasa/Teknik Kimia mengadakan kuliah tamu dengan pemateri Prof. H.J. Heeres dari University of Groningen, Belanda. Materi kuliah tamu yang disampaikan bertema “Biomass Conversion to Biobased Chemicals”. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa Teknik Kimia, dosen Fakultas Teknik, serta beberapa tamu undangan.

Acara berlangsung dari jam 08.30-11.00 di auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Dr. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik memberikan sambutan sekaligus membuka acara kuliah tamu. Setelah pembukaan, dilanjutkan acara inti yaitu penyampaian materi oleh Prof. H.J. Heeres yang dipandu oleh Boy Arief Fachri, S.T., M.T., Ph.D. sebagai moderator. Materi yang disampaikan meliputi valorisasi biomassa dan beberapa aplikasi strategis biomassa. Pada saat ini, masyarakat dunia sudah tidak lagi bergantung pada sumber energi fosil, sehingga sumber energi alternatif marak dikembangkan. Adanya sumber energi alternatif diharapkan mampu memenuhi kebutuhan energi masa depan, salah satunya yaitu biomassa.

Peserta sangat antusias dalam menyambut kuliah tamu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab. Penyelenggaraan kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa maupun dosen tentang konversi biomassa. Acara ini berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan penyerahan vandel oleh Kaprodi S1 Teknik Kimia kepada pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *