Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Juara 3 LKTI Waste Treatment Week (WTW) 2019

Oleh: Siska Nuri Fadilah

Waste Treatment Week (WTW) 2019 merupakan kegiatan tahunan kedua yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Kegiatan yang diadakan berupa Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti mahasiswa/i seluruh Indonesia dan lomba Essay Nasional untuk siswa/i SMA/SMK se-derajat. Pada tahun ini, Waste Treatment Week diselenggarakan dengan tema “Pengembangan Teknologi Lingkungan dalam Revolusi Industri 4.0”

Puncak acara Waste Treatment Week ini pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 dengan rangkaian seleksinya dimulai dari Bulan September. Peserta yang lolos finalis dari kategori LKTIN sebanyak  4 tim yang beranggotakan maksimal 3 orang dari perguruan tinggi yang sama. Tim yang berkompetisi berasal dari Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Jember dan Universitas Trunojoyo Madura. Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember mengikuti lomba ini dikarenakan tema lomba yang sesuai dengan permasalahan yang saat ini banyak terjadi, khususnya di daerah Jember.

Jember merupakan salah satu penghasil kakao di Indonesia. Pengolahan kakao ini menghasilkan suatu limbah berupa kulit kakao dan dibuang begitu saja oleh masyarakat karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat kulit kakao. Mahasiswa Teknik Kimia ingin mengolah limbah kulit kakao menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual lebih. Judul Karya Tulis Ilmiah mahasiswa Teknik Kimia yaitu BIOCOS (Biosorbent From Cocoa Skin) : Eco-Friendly Solution Menggunakan Kombinasi Limbah Kulit Kakao-Sulfonated PVA untuk Mengurangi Kandungan Timbal Pada Limbah Cair Industri. Karya ini masih berupa gagasan, belum sampai pada tahapan penelitian. Tim Teknik Kimia berinisiatif untuk mengolah 2 limbah dalam sekali penelitian, yaitu mengurangi limbah kulit kakao dan juga mengurangi kandungan timbal (Pb) yang terkandung dalam limbah cair industri. Dalam kompetisi ini tim mahasiswa Teknik Kimia diwakili oleh I Made Arimbawa dan Siska Nuri Fadilah yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2018 Universitas Jember. Pada lomba LKTI ini, Tim Teknik Kimia Universitas Jember berhasil meraih juara 3 dan sebagai The Best Presentation. Juara 1 diraih oleh mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2016 UNAIR, sedangkan juara 2 diraih oleh mahasiswa Vokasi Teknik Infrastruktur Sipil angkatan 2017 ITS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select Language