Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember mengukir prestasi di tingkat International. Prestasi tersebut di raih oleh Andika Prastika (Teknik Kimia 2018) beserta Tim dalam ajang International Invention and Innovative Competition (InIIC) Series 2/2020 yang diselenggarakan secara daring oleh MNNF Publisher Malaysia pada 30 Oktober 2020. Even ini merupakan ajang Kompetisi Paper Essai yang terdiri dari beberapa kategori diantaranya Science, Engineering and Tecnology  dan juga kategori Social Sciences. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 109 Peserta dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Vietnam, Uni Emirat Arab (UEA) dan United States of American (USA) dan lain sebagainya.

Dalam even ini, Andika Prastika berkolaborasi dengan tim lintas fakultas yang terdiri dari :

  1. Andika Prastika (Teknik Kimia)
  2. Richca Nur Aina ( Pendidikan Biologi FKIP)
  3. Alamanda Rahmatika (Pendidikan Biologi FKIP)
  4. Nana Mardiana (Pendidikan Biologi FKIP)
  5. Yayuk Fatmawati (Pendidikan Biologi FKIP)

Andika beserta tim mengikuti even dengan kategori Social Sciences untuk tingkat Higher Institutions Students yaitu dengan judul projek NoSa (No Smoking Apps) as an Innovative Application for Educating and Monitoring to Create Indonesia’s Healthy Young Generation. Gagasan  ini bermula dari betapa mirisnya melihat generasi muda Indonesia yang terpapar dan kecanduan merokok, oleh karena itu mereka memunculkan gagasan dengan membuat sistem edukasi berbasis aplikasi android. Aplikasi ini memiliki dua macam jenis yakni NoSa for Parents dan Nosa for Child. Aplikasi ini merupakan sistem edukasi yang juga tetap melibatkan peran serta atau controlling dari orang tua. NoSa for Parents memiliki fitur seperti dashboard profil, pemantauan, input data anak, pesan atau notifikasi untuk anak dsb. Sedangkan untuk Nosa for Child  memiliki fitur seperti dashboard profil, edukasi, quiz (game) dan reward. Cara kerja aawal Aplikasi ini yakni orang tua harus melakukan pendaftaran dan menginput data putra-putri nya terlebih dahulu di NoSa for Parents setelah itu si anak dapat mengakses melalui  Nosa for Child  dengan data username dan password yang sudah ada dan terintigrasi oleh orang tua. Aplikasi ini memiliki keunggulan dan kelebihan yakni sistem cara pakai yang mudah dan akan ada reward untuk anak yang dapat memenuhi nilai quiz dalam setiap materi, reward nya berupa kebutuhan belajar, beasiswa belajar, paket sehat dan lain sebagainya.

Dalam acara ini, projek tersebut memperoleh Golden Award dalam kategori Social Sciences tingkat Higher Instiutions Students dengan mengungguli beberapa pesaing dari beberapa negara dan kampus-kampus ternama seperti Politeknik Metro Tasek Gelugor, Universiti Kebangsaan Malaysia, The National University of Malaysia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan penghargaan Golden Award, Paper essai mereka juga dipublikasikan dalam e-book berjudul Challenges Lives in Briliant Ways  Series 2 dengan Nomor Seri e-ISBN No:978-967-18412-1-1 yang dipublikasikan pada 2 November 2020 oleh MNNF Publisher Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *