Pelatihan Plastic for Packaging

Keterwujudan pengembangan kualitas Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia tidak luput dari peran dan kontribusi seluruh civitas akademika dalam meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi dosen dapat dilakukan melalui pengiriman dosen untuk mengikuti sertifikasi keahlian. Sertifikasi keahlian yang diajukan dapat berupa keahlian umum ataupun keahlian khusus yang berhubungan dengan bidang penelitian yang dikuasai. Salah satu mata kuliah pilihan berdasarkan kurikulum Program Studi Teknik Kimia Universitas Jember yang telah disusun adalah Teknologi Pengemasan.

Penguasaan teknologi pengemasan sangat berperan penting dalam memperhitungkan cara atau perlakuan pengamanan terhadap hasil pengolahan atau produk industri agar siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai oleh tangan pembeli tanpa merubah kualitas dan kuantitas dari hasil pengolahan atau produk tersebut. Salah satu pelatihan yang dapat mendukung materi tentang Teknologi Pengemasan adalah Pelatihan Plastics for Packaging.

Plastik merupakan salah satu material alternatif yang banyak digunakan sebagai bahan pengemas karena sifatnya yang kuat, ringan dan dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk, baik rigid kontainer maupun fleksibel film. Pengetahuan mendalam mengenai plastik sebagai salah satu bahan pengemas hasil pengolahan atau produk industri serta regulasi dalam penggunaannya sangat dibutuhkan untuk menunjang mata kuliah Teknologi Pengemasan (TKK 1763).

Penggunaan material plastik sebagai bahan pengemas yang umum digunakan juga semakin variatif, membutuhkan pengetahuan terhadap material plastik serta bahan aditif yang digunakan dalam pembuatan produk kemasan plastik. Pengetahuan dalam mengukur performa plastik juga merupakan hal yang penting seperti sifat permeabilitas, ketahanan terhadap oksidasi, dan kekuatan tarik. Pertimbangan segi keamanan kemasan terhadap hasil pengolahan atau produk industri serta regulasinya juga turut dibahas dalam pelatihan ini. Materi dari Pelatihan Plastics for Packaging sangat bermanfaat untuk lebih memahami bahan pengemas plastik.

Tidak hanya pemberian materi, kegiatan pelatihan juga disertai dengan praktikum untuk menambah pengetahuan tentang karakterisasi dan analisa hasil pengujian. Pengikutsertaan salah satu dosen Program Studi Teknik Kimia dalam Pelatihan Plastics for Packaging diharapkan dapat menambah referensi ilmu dalam penyusunan silabus dan meningkatkan kompetensi dosen dalam pengajaran Teknologi Pengemasan.

Dosen yang dikirim dalam Pelatihan Plastic for Packaging adalah Bekti Palupi, S.T., M.Eng. Narasumber Kegiatan Pelatihan Plastic for Packaging adalah Pemateri dari Sentra Teknologi Polimer yang memiliki keahlian di bidang Plastic for Packaging. Kegiatan Pelatihan Plastic for Packaging dilakukan pada tanggal 7-9 November 2017 di Sentra Teknologi Polimer, Kawasan Puspitek Gedung 460, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh peserta yang mewakili dari berbagai institusi dan industri dengan jumlah yang hadir sebanyak 4 orang.

Pelatihan Plastic for Packaging

Sesi Materi Hari Pertama

Pemaparan Materi Hari Kedua

Sesi Praktikum Hari Kedua

Sesi Materi Hari Ketiga

Sesi Praktikum Hari Ketiga

(3) Comments

  • Richard August 16, 2018 @ 12:30 am

    Selamat Pagi,
    Untuk pelatihan plastic packaging bulan agustus apakah ada?
    D jakarta atau d bekasi sekitarny apakah ada?
    Saya berminat.
    Salam
    Richard

  • Richard April 26, 2019 @ 5:51 am

    Selamat Siang Ibu/Bapak,
    Saya mau tanya apakah dalam waktu dekat ini akan di adakan training plastik for packaging di daerah jakarta? Berapa biaya ny jika di adakan?
    Thanks

    • tekkim June 21, 2019 @ 8:59 am

      Pelatihan Plastic for Packaging biasanya diselenggarakan oleh Sentra Teknologi Polimer. Untuk info lebih lanjut bisa menghubugi marketing training –> Zahrita Adini (0811 1152 212) atau via email zahrita@sentrapolimer.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select Language