Kurikulum dari Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember mempunyai mata kuliah Teknologi Pangan dan Pangan Fungsional (TKK 1318) yang diajarkan pada semester 3 sehingga dibutuhkan suatu kisi-kisi dari dunia industri dan peraturan mengenai sistem managemen dan food safety terkini. Program pelatihan ini bisa sebagai dasar dalam penyusunan silabus sehingga mata kuliah Teknologi Pangan dan Pangan Fungsional (TKK 1318) akan tepat guna. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang akan menunjang kompetensi mahasiswa Program Studi Rekayasa/Teknik Kimia Universitas Jember dalam dunia kerja, sehingga peningkatan kualitas staff pengajar sangat dibutuhkan.

ISO 22000 adalah sebuah standar Internasional yang menggabungkan dan melengkapi elemen utama ISO 9001 dan HACCP dalam hal penyediaan suatu kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan, pengimplementasian serta perbaikan yang berkesinambungan dari Food Safety Management System (FSMS). Standard ini mencakup key elements untuk membentuk Food Safety, dimana salah satu key element tersebut adalah HACCP yang dirancang untuk digunakan pada semua segmen industri pangan mulai penanaman, pemanenan, pengolahan, pabrikasi, distribusi dan penjualan sampai pada penyiapan makanan untuk dikonsumsi. Program-program prasyarat seperti GMP yang diterapkan saat ini merupakan suatu dasar yang yang penting bagi keberhasilan pengembangan dan penerapan rencana HACCP. Sistem keamanan pangan yang didasarkan pada HACCP telah diterapkan dengan sukses pada pabrik pengolahan makanan, toko penjual makanan dan operasi jasa pelayanan makanan, catering, dll.

Garis besar program training food safety management system.

  1. Pemahaman dan Interpretasi Food Safety System based on ISO 22000:2005
  2. Implementasi ISO 22000:2005
  3. Sistem sertifikasi ISO 22000:2005
  4. Persyaratan FSSC 22000:2010 dan pemahaman PAS – Food Packaging
  5. Integrasi FSSC 22000:2010 dan ISO 22000:2005
  6. Workshop integrase FSSC 22000:2010 dan ISO 22000:2005
  7. HACCP dan GMP Intoduction
  8. Pentingnya HACCP
  9. Aspek dan implementasi aspek GMP
  10. Hazard & Source of Hazard (Physical, Chemical, Biologycal Hazards)
  11. Tujuh prinsip dan 12 langkah penentuan HACCP

Dosen yang dikirim dalam Pelatihan Sertifikasi Sistem Teknologi Manajemen Keamanan Pangan Berkelanjutan adalah Istiqomah Rahmawati, S.Si., M.Si. Narasumber Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Sistem Teknologi Manajemen Keamanan Pangan Berkelanjutan adalah Cahyani Febry Haryanthi, S.TP. Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Sistem Teknologi Manajemen Keamanan Pangan Berkelanjutan dilakukan pada tanggal 4-5 November 2017 di Grand Surabaya Hotel, Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan (Top Management), Para GM, Manager, Supervisor, Management Representative (MR)/ Wakil Manajemen ISO 22000, Auditor Internal/Calon Auditor Internal Sistem Manajemen Keamanan Pangan (FSMS), Personil yang terlibat dalam Pelaksanaan dan Pemeliharaan Sistem Manajemen Keamanan Pangan (FSMS), Mahasiswa/Fresh Graduate yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penerapan & pengembangan ISO 22000:2005 Food Safety Management System dengan jumlah yang hadir sebanyak 35 orang.

Pemaparan materi hari 1

 

Sesi foto bersama hari 1

Pemaparan materi hari ke 2

Workshop pembuatan HACCP

Sesi foto bersama hari 2

 

3 Thoughts on “Sertifikasi Sistem Manajemen Teknologi Keamanan Berkelanjutan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *